Senin, 08 Desember 2014

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Islam

Memahami definisi islam merupakan satu keharusan untuk betul-betul memahami apa makna dibalik kata tersebut. Islam merupakan lawan kata dari kata kufur. Hal ini karena orang yang tidak masuk dan tidak meyakini bahwa islam adalah agama yang diturunkan Allah disebut sebagai orang yang kafir yang diterjemahkan menjadi orang yang ingkar terhadap kenabian Muhammad dan ajaran yang dibawanya. Untuk itu, dalam memahami islam terlebih dahulu harus memahami apa itu kufur. Menurut Al Maududi (2011) kufur adalah penolakan seseorang untuk melaksanakan perintah-perintah Allah, sedangkan islam adalah kepatuhan kepada Allah semata-mata serta penolakan atas semua sistem hukum dan perintah-perintah yang bertentangan dengan petunjuk-petunjuk yang diterima dari Allah.

Islam tidak lain adalah penghambaan seseorang semata-mata kepada Allah. Ia sama-sekali tidak mengikuti kemauannya sendiri, atau kemauan nenek-moyangnya atau kemauan keluarga dan sukunya, atau kemauan kaum ulama atau kiyai, kemauan pemerintah, hakim, atau kemauan sesiapapun yang lain, selain kehendak Allah semata-mata. Allah menyatakan dalam al-Quran:

“Katakanlah: Hai Ahli Kitab, marilah kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahawa tidak kita sembah, kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebahagian kita menjadikan sebahagian yang lain tuhan selain daripada Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahawa kami adalah orang-orang yang menyerahkan diri kepada Allah”. (Al-Quran, Ali 'Imran, 3:64).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa Khitab ditujukan kepada kalangan yahudi dan nasrani serta golongan yang searah dengan mereka. Sedangkan kalimah adalah kalimat yang adil, pertengahan dan tidak ada perselisihan antara kami dan kalian mengenainya. Hal ini diperjelas oleh ayat selanjutnya “tidak kita sembah, kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebahagian kita menjadikan sebahagian yang lain tuhan selain daripada Allah” yaitu baik dengan berhala, salib, wasan, thagut, api atau apapun selainnya (Ibnu Katsir).


Berbeda dengan definisi di atas At-Tuwaijiri (2012) mendefinisikan islam dengan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dengan mengesakan-Nya dan melaksanakan syariat-Nya dengan penuh ketaatan, dan melepaskan diri dari kesyirikan dan para pelakunya.

Sementara menurut Muhammad Daud Ali (2009) kata Islam yang termuat dalam Al Quran adalah kata benda yang berasal dari kata kerja salima yang berakar pada kata silm dan salm artinya kedamaian, kesejahteraan, keselamatan, penyerahan diri, dan kepatuhan. Orang yang menganut agama islam disebut muslim artinya orang-orang yang akan selamat, orang yang menyerahkan diri dan orang yang patuh akan perintah Allah.

Tujuan dan fungsi berislam hakikatnya tidak lepas dari kebutuhan manusia akan keselamatan. Keselamatan didunia dan keselamatan diakhirat. Hal ini sesuai dengan doa sapu jagad atau doanya Nabi Adam yang kita semua telah hafal rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah wakina adzabannar (Ya Tuhan (pencipta) anugerahkanlah kepada hamba kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah dari siksaan api neraka).

Bagi seorang manusia yang sadar bahwa hakikat kehidupan ini sebenarnya seperti seorang musafir yang dalam perjalan tersebut membutuhkan bekal untuk bisa sampai ketujuan. Maka, seperti itulah manusia hidup di dunia ini, sebagai sebuah persinggahan pendek untuk menapaki kehidupan di dua alam selanjutnya (alam kubur dan alam akhirat).

Untuk dapat mencapai ketenangan dan kebahagiaan pada dua alam tersebut, maka islam sebagai jalannya yang tepat dan sesuai dengan kodrat dan kehendak Allah. Allah berfirman dalam alquran “inna diina indallahil islam” sesungguhnya diin yang diridhoi disisi Allah hanyalah Islam. Dengan sendirinya ayat ini menjelaskan bahwa jalan yang harus ditempuh oleh manusia yang ingin memperoleh kehidupan hakiki di akhirat nanti tidak lain adalah jalannya harus lurus “Asshiratal Mustaqim”. Jalan yang lurus tresebut adalah islam.

Dengan demikian tujuan dan fungsi islam adalah menyelamatkan manusia dari “kejahatan” kehidupan dunia dan menyelamatkan manusia dari siksaan api neraka. Memberikan manusia harapan-harapan akan kehidupan yang lebih baik, yang penuh dengan nuansa kerohanian dan kental akan nilai-nilai spiritualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *