Sabtu, 08 Maret 2014

PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


Pertama guru masuk ke kelas dengan mengucapkan salam. Tidak beberapa kemudian, guru membimbing siswanya untuk berdoa dengan dipimpin oleh ketua kelas. Setelah berdoa guru memberikan pertanyaan appersepsi kepada siswa terkait dengan materi pelajaran yang telah dipelajari minggu yang lalu.
Memasuki materi inti dari mata pelajaran yang membahas tentang Iman, guru memberikan penjelasan tentang pengertian iman, dan macam-macam iman. Setelah membahas pengertian iman tersebut guru memberikan  contoh tentang orang-orang yang kurang imannya. Dia menjelaskan bahwa ketika seseorang melakukan maksiat, berjudi, korupsi dan tindakan yang dilarang secara syari oleh agama maka orang tersebut dapat dikatakan kurang beriman, atau bahkan bisa dikatakan tidak ada imannya.
Ketika membahas tentang macam-macam iman dia menyebutkan ada enam. Iman kepada Allah, malaikat, kitab, nabi/rasul, hari kiamat, dan qadha dan qadar. Iman kepada Allah menurutnya adalah meyakini akan keberadaan Allah walaupun tidak dilihat. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil ciptaan baik berupa tumbuhan, hewan dan manusia serta alam semesta. Begitupun iman kepada malaikat_Nya, kita meyakini bahwa malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya dengan tugas-tugas yang sudah diberikan. Dan harus diyakini juga bahwa malaikat tidak laki-laki dan bukan pula perempan serta tidak akan pernah berbuat dosa dan maksiat.
Beriman kepada Kitab Allah berarti beriman kepada Nabinya. Artinya meyakini bahwa Allah mengutus seseorang manusia pilihan untuk menyampaikan Risalah/ petunjuk yang biasanya berupa kitab. Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa beriman kepada hari kiamat adalah meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa dunia dan alam semesta berikut isinya pada suatu saat nanti akan mengalami kehancuran, tetapi proses kehancuran ini tidak diberitahu oleh Allah bahkan kepada para Nabinya akan tetapi para nabi diberi tahu akan tanda-tandanya saja.
Setelah memberi penjelasan tentang materi tersebut, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk evaluasi sementara. Sebelum mengakhiri pembelajaran guru memberikan PR kepada murid.
Menurut analisa pengamat, cara mengajar guru diatas masuk dalam filsafat idealisme dan juga masuk dalam filsafat perenalisme. Masuk dalam filsafat pendidikan idealisme karena dalam filsafat idealisme Guru dalam sistem pengajaran berfungsi sebagai: 1) guru harus seorang spesialis dalam suatu ilmu pengetahuan dari siswa; (2) Guru haruslah menguasai teknik mengajar secara baik; (3) Guru haruslah menjadi pribadi terbaik, sehingga disegani oleh para murid; (4) Guru menjadi teman dari para muridnya; (5) Guru harus menjadi pribadi yang mampu membangkitkan gairah murid untuk belajar; (6) Guru harus bisa menjadi idola para siswa; (7) Guru harus rajib beribadah, sehingga menjadi insan kamil yang bisa menjadi teladan para siswanya; (8) Guru harus menjadi pribadi yang komunikatif; (9) Guru harus mampu mengapresiasi terhadap subjek yang menjadi bahan ajar yang diajarkannya; (10) Tidak hanya murid, guru pun harus ikut belajar sebagaimana para siswa belajar; (11) Guru harus merasa bahagia jika anak muridnya berhasil; (12) Guru haruslah bersikap dmokratis dan mengembangkan demokrasi; (13) Guru harus mampu belajar, bagaimana pun keadaannya.
Dalam pandangan Pendidikan filsafat idealisme juga menyatakan bahwa tujuan dari pendidikan adalah agar anak didik bisa menjadi kaya dan memiliki kehidupan yang bermakna, memiliki kepribadian yang harmonis dan penuh warna, hidup bahagia, mampu menahan berbagai tekanan hidup, dan pada akhirnya diharapkan mampu membantu individu lainnya untuk hidup lebih baik.
Pengajaran guru tersebut masuk dalam filsafat pendidikan beraliran perenialisme karena menurut pengamatan saya ketika guru memandang bahwa keadaan sekarang adalah sebagai zaman yang mempunyai kebudayaan yang terganggu oleh kekacauan, kebingungan dan kesimpang siuran. Dalam filsafat Perenealisme melihat bahwa akibat atau ujung dari zaman sekarang ini telah menimbulkan banyak krisis diberbagai bidang kehidupan manusia, untuk mengobati zaman yang sedang sakit, maka aliran ini memberikan konsep Regressive Road To Cultural yakni kembali atau mundur kepada masa lampau yang masih ideal. Adapun jalan yang ditempuh adalah dengan cara regresif, yakni kembali kepada prinsip umum yang ideal yang dijadikan dasar tingkah pada zaman kuno dan abad pertengahan, Prinsip umum yang ideal ini berhubungan dengan nilai ilmu pengatahuan, realita, moral yang mempunyai peran penting dan pemegang kunci bagi keberhasilan pembangunan kebudayaan.
Dengan demikian ketika seorang guru mengajak siswa kepada hal-hal yang bersifat spriritual untuk menghayati jati dirinya sebagai hasil ciptaan Allah dan menyadari konsekuensi dari seorang ABDI/Hamba maka cara mengajar guru yang demikian masuk dalam filsafat idealisme. Dan juga masuk dalam aliran filsafat pendidikan perenialisme.
Pada pengamatan kedua ini seperti biasa guru masuk dengan membawa salam. Kemudian anak-anak disuruh  berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas. Setelah itu menanyakan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan yang lalu.
Pertemuan kali masih membahas tentang macam-iman yaitu tentang rukun iman yang terakhir yaitu iman kepada Qadha dan Qadhar. Dijelaskan oleh guru bahwa Qadha dan Qadhar adalah ketentuan dan ketetapan Allah. Ketentuan dan ketetapan Allah yang dinamakan dengan takdir. Takdir itu sendiri ada yang baik dan ada juga yang baik dan ada juga yang buruk.
Qadhar atau ketentuan Allah menurutnya adalah bersifat dinamis dalam artian bisa berubah. Perubahan ketentuan ini bisa terjadi karena adanya doa dan ikhtiar yang diilakukan oleh manusia. Jodoh, kematian, rezeki termasuk dalam ketentuan Allah yang bisa berubah.
Sementara qadhar adalah ketetapan yang tidak bisa berubah. Seperti halnya bumi yang berputar, matahari yang muncul dari arah timur kemudian tenggelam kebarat, api itu panas dan lain-lain.
Menurutnya beriman kepada Qadha dan Qadhar ini menjadi pondasi bagi kita untuk menyerahkan segala sesuatu yang diluar kemampuan kita setelah berusaha dengan sungguh-sungguh dan kita berserah hanya kepada Allah sebagai zat yang Maha Kuasa.
Sesekali guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetes respon siswa terhadap materi. Dan atas pertanyaan tersebut murid menjawab sesuai dengan pertanyaan. Untuk akhiri pembelajaran 
Dari hasil pengamatan kedua terhadap cara pengajaran yang dilakukan oleh guru tersebut penulis berkesimpulan bahwa cara mengajarnya tersebut masuk dalam aliran filsafat Existensialisme. Hal ini didasarkan pada beberapa hal berikut:
1)    Pendidikan adalah yang membantu seorang individu untuk mewujudkan yang terbaik yang dia mampu. Dengan demikian pendidikan harus membantu individu untuk mewujudkan faktisitas ~ (kontingensi) keberadaannya untuk menghadapi kategori faktisitas ini - ketakutan, kesedihan, kecemasan dan ketakutan - tegas dan berani dan akhirnya mempersiapkan dirinya untuk menemui kematian dengan senang hati. Dari ciri ini sudah tampak jelas bahwa guru tersebut ketika mengatakan bahwa apabila kita sudah beriman kepada Qadha dan Qadar maka kita tidak perlu takut lagi untuk tidak mendapatka rezeki dari Allah karena sudah merupakan ketentuan dan ketetapan Allah (Qadha dan Qadar).
2)   Siswa harus mengembangkan skala konsisten nilai-nilai, mengotentikasi keberadaan mereka dengan menjadi berkomitmen untuk nilai-nilai dan bertindak sebagai harus siap mati untuk nilai-nilai daripada hidup tanpa mereka. Hal ini menandakan bahwa ketika nilai tentang Qadha dan Qadar ditanamkan oleh guru tersebut maka secara tidak langsung keyakinan yang tertanam menjadi nilai yan hidup untuk siswa terapkan dalam kehidupannya.
3)   Tujuan yang paling penting dalam pendidikan adalah menjadi seseorang manusia sebagai salah satu yang hidup dan membuat keputusan tentang apa yang dia akan melakukan dan menjadi. Mengetahui? dalam arti mengetahui diri sendiri, hubungan sosial, dan pengembangan biologi, semua adalah bagian dari menjadi. Eksistensi manusia dan nilai yang berkaitan dengannya adalah pabrik utama dalam pendidikan.
4)   Pendidikan untuk pengembangan kepribadian lengkap. Kriteria ini juga termuat dalam pmebelajaran guru tersebut, karena dalam proses pendidikannya pengembangan kepribadian lebih diutamakan daripada penguasaan terhadap materi yang diajarkan. Pendidikan harus menciptakan kesadaran untuk diri sendiri juga masuk kriteria dari pengajaran guru tersebut.
5)   Pendidikan harus melatih manusia untuk membuat pilihan yang lebih baik dan juga memberikan orang ide bahwa karena pilihan-Nya tidak pernah sempurna, konsekuensi tidak dapat diprediksi.
6)   Tujuan utama pendidikan adalah untuk membuat manusia sadar akan tujuan, untuk memberikan pemahaman tentang keberadaannya dan akhirnya membawanya ke tempat tinggal surgawi.
Pada pengamatan yang ketiga ini guru membahas tentang rukun islam. Setelah salam, doa, dan melakukan appersepsi (menanyakan materi pertemuan yang lalu) guru memperkenalkan materi baru yaitu rukun islam.
Rukun islam katanya memulai pembelajaran, adalah sesuatu yang menandakan atau menjadi ciri bahwa seseorang tersebut dikatakan islam. Ada 5 rukun islam yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, berpuasa dibulan ramadhan, menunaikan zakat, melaksanakan haji bagi yang mampu.
Syarat pertama seseorang dikatakan muslim adalah syahadat yaitu pengakuan akan Allah sebagai sesembahan dan pengakuan akan kenabian Muhammad SAW. Apabila seseorang mengingkari salah satu dari dua itu maka tidak dikatakan telah bersyahadat.
Kedua Mendirikan shalat adalah melaksanakan shalat secara kontinu, berkelanjutan. Shalat menjadi pembeda antara muslim dan nonmuslim. Shalat menjadi penentu baik tidaknya perbuatan seseorang. Hal ini didasarkan pada ayat al Quran yang berunyi ”aqimishshalah inna shalata tanha anil fakhsya`iwal munkar” artinya dirikanlah shalat secara istiqomah, sesungguhnya shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Seseorang misalnya sudah melaksanakan shalat tapi masih berbuat yang dilarang maka itu berarti shalatnya belum benar-benar shalat, masih gerakan zahirnya saja tapi hatinya tidak shalat.
Ketiga, berpuasa dibulan ramadhan artinya setiap datang bulan kita sebagai muslim sejati melaksanakan puasa untuk menjadi muslim yang taqwa. Taqwa dalam artian melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Berpuasa itu tidak ada yang tahu kecuali dia dengan Allah makanya Allah menurut hadits akan memberikan sendiri pahala terhadap orang-orang yang berpuasa.
Keempat adalah zakat. Zakat berarti mengeluarkan sebagaian harta yang kita miliki untuk dinikmati oleh orang-orang yang tidak punya. Zakat dalam islam dibagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat mall. Zakat fitrah berarti zakat untuk tiap-tiap jiwa dan dikeluarkan sebesar 2.5 kg beras atau berupa uang sehaarga beras tersebut. Sedangkan zakat Mall adalah zakat untuk membersihkan harta. Baik itu berupa emas, perak, pertanian, dan peternakan. Zakat ini dikeluarkan satu tahun sekali apabila sudah mencapai nisab, batas minimal jumlah harta untuk dikeluarkan zakat.
Terakhir adalah naik haji bagi yang mampu yaitu berkunjung atau berhaji ketempat-ketempat suci ummat islam untuk melaksanakan ibadah berdasarkan petunjuk dari Rasulullah yaitu mekkah dan madinah. Rukun islam yang ini tidak boleh dipaksanakan, misalnya dengan mengutang di Bank untuk bisa pergi haji karena melihat tetangga sudah pergi haji. Hal seperti ini tidak diperbolehkan dalam islam. Karena ibadah haji merupakan ibadaha alternatif (bisa ya bisa tidak) maka tidak boleh melaksanakan haji kalau akhirnya sepulang haji kita susah untuk memikirkan bayar utang.
Dari penjelasan tentang berbagai konsep tentang rukun islam, guru memberikan stresing tentang keadaan umat islam sekarang yang jauh dari nilai-nilai keislaman apalagi terkait dengan rukun islam. Beliau menjelaskan betapa banyaknya orang yang kaya sekarang ini namun tidak mau mengelaurkan zakat, tidak mau shalat tidak mau berpuasa mereka hanya melaksanakan haji karena haji dianggap sebagai sarana untuk bertamasya/piknik bukan untuk ibadah. Hal ini sangat berbeda dengan ketika islam pada awal-awal kelahirannya. Di mana masyarakat islam sangat semangat menjalankan ajaran islam. Ketika turun ayat terkait dengan zakat maka para sahabat dengan berbondong mengeluarkan zakat. Ketika turun ayat terkait dengan aurat maka para wanita pun langsung menutupi aurat mereka dengan kain apa saja yang mereka lihat.
Setelah menjelaskan berbagai hal terkait dengan rukun islam dan stresing materi guru menyuruh para siswanya untuk bertanya hal-hal tidak mereka pahami. Setelah metode tanya jawab ini berlangsung, guru memberikan penekanan kepada siswa tenntang pentingnya rukun iman dan rukun islam dalam kehidupan seorang muslim.
Kemudian terakhir guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati perbuatan orang-orang yang shalat dalam lingkungan masyarakat. Untuk kemudian didiskusikan dalam kelas.
Dalam pengamatan yang ketiga ini, sepertinya ada kesamaan cara mengajarnya dengan cara mengajar guru pada pertemuan yang pertama. Di mana berdasarkan hasil dari uraian pengamatan diatas, nampaknya terjadi perpaduan dua aliran filsafat yang guru gunakan dalam proses pembelajaran. Terkadang masuk dalam aliran filsafat idealisme dan terkadang juga masuk dalam aliran filsafat perenialisme.
Guru menggunakan pendekatan filsafat pendidikan beraliran idealisme ketika Hal ini didasarkan pada pemberian kesadaran oleh guru bahwa ketika seseorang mengeluarkan zakat sebagai alat untuk mengangkat tingkat ekonomi masyarakat yang miskin maka hal ini masuk dalam idealisme karena dalam idealisme disamping mengedepankan akhlak dan perbuatan seorang guru juga berorientasi pada mengasah kepekaan sosial murid dengan memberikan motifasi agar siswa yang kaya mau memberikan harta yang mereka miliki untuk masyakarat miskin.
Pendekatan filsafat Perennialisme nampak ketika guru memandang bahwa keadaan sekarang adalah sebagai zaman yang mempunyai kebudayaan yang terganggu oleh kekacauan, kebingungan dan kesimpang siuran. Hal ini sejalan dengan pemahaman guru tersebut. Dan ketika aliran Perennealis melihat bahwa akibat dari zaman sekarang ini telah menimbulkan banyak krisis diberbagai bidang kehidupan manusia, untuk mengobati zaman yang sedang sakit, maka aliran ini memberikan konsep regressive road to cultural yakni kembali atau mundur kepada masa lampau yang masih ideal. Dengan memberikan perbandingan tentang moralitas atau akhlak orang muslim jaman sekarang dengan masa pada awal islam maka guru ini menggunakan pendekatan perenialisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *